PENANGANAN LANSIA TERLANTAR DAN ORANG TERLANTAR

Melaksanakan tugas bagi pekerja sosial ternyata tidak mengenal waktu, Selasa malam tanggal 5 September 2017, Dinas Sosial Kota Palangka Raya kembali mendapat tugas  untuk melakukan pelayanan sosial terhadap 3 orang klien yang diantar oleh pihak Polres Palangka Raya dan Satpol PP Kota Palangka Raya.

Klien pertama ditemukan oleh petugas Polres Palangka Raya adalah seorang laki-laki Lansia yang sudah pikun, lupa tempat tinggal dan keluarga, serta omongannya yang selalu berubah-ubah. Klien yang kedua ditemukan oleh  Petugas Satpol PP seorang ibu yang mengaku mau naik haji , dan yang ketiga juga seorang ibu tampaknya dalam keadaan sakit dan keluar dari rumah tanpa sepengetahuan keluarganya.

Ketiga klien tersebut untuk sementara diinapkan di Kantor Dinas Sosial Kota Palangka Raya Jalan Poncowati, karena belum mempunyai rumah singgah pelayanan sosial.

Sayangnya klien pertama dan kedua subuh tadi kabur saat petugas lengah, dan hingga saat ini belum ditemukan kembali. Sedangkan klien yang ketiga sudah dipertemukan kembali dengan keluarganya.

Perkembangan pesat Kota Palangka Raya menyisakan dampak berupa bertambahnya masalah sosial  dimasyarakat dengan beraneka ragam persoalan. Dinas Sosial Kota Palangka Raya sangat berharap mempunyai rumah singgah dengan fasilitas yang layak untuk menampung sementara klien yang bermasalah.

Walaupun dengan segala keterbatasan tetap semangat ya Pekerja Sosial  untuk membantu sesama…

6 comments

  1. Saluut pak Haji, Semoga bukan hanya sebagai pekerja sosial tetapi juga semoga berjiwa sosial dan saya do’akan semoga Allah segera Meberkati Palangkaraya untuk memiliki rumah Singgah dan tempat menampung mengurus dan memberikan solui yang sungguh bagi para lansia terlantar.
    Sukses

  2. Apa Proses penanganan yg diberikan lanjut usia

    • Dinas Sosial Kota Palangka Raya

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami
      Lansia yang mendapatkan layanan Dinas Sosial adalah Lansia yang terlantar dan bermasalah sosial. Jika ada laporan yang disampaikan kepada Dinas Sosial, maka pekerja sosial akan melakukan asessment dan pendalaman informasi terhadap klien, keluarga dan lingkungan. Hasil asessment yang akan menentukan layak tidaknya mendapatkan layanan dan jenis layanan yang harus didapat.

Tinggalkan Balasan