PENDAMPINGAN ANAK BERMASALAH SOSIAL

Lega…..

Itu yang dirasakan peksos kita hari ini terhadap pendampingan yang dilakukan selama satu bulan belakangan kepada anak bermasalah satu ini . Sekarang si anak sudah mendapatkan tempat terbaik untuk menyongsong masa depannya yaitu di  Panti  Darul Amin.

Bermula dari laporan seorang warga ke Dinas Sosial Kota Palangka Raya, yang dititipi anak umur 10 tahun oleh tetangganya yaitu tante dari si anak, dimana ibunya si anak adalah saudaranya. Namun karena ibu dan bapak si anak sedang dipenjara karena kasus narkoba, maka diasuh oleh tantenya tersebut.  Setelah beberapa bulan, tantenya tidak sanggup mengurus anak tersebut dikarenakan faktor ekonomi dan psikis anak yang dianggap sangat nakal sulit diatur, sampai sampai sang tante mau bunuh diri. 

Berdasarkan asesment tingkah laku anak yang dianggap nakal karena kondisi kedua orang tuanya yang bermasalah kemudian dia tinggal bersama tantenya namun merasa mendapatkan perlakuan yang tidak adil dari sepupunya yang merupakan anak dari tantenya. Jadi si anak berusaha mencari perhatian untuk mendapatkan kasih sayang orang tua maupun dari orang sekitarnya. Keadaan tersebut bertambah parah dengan si anak tidak lagi sekolah. 

Terenyuh.. juga ada pertanyaan yang selalu tidak terjawab, kenapa orang tua yang tega tidak bertanggung jawab terhadap anaknya, dan kasus seperti ini selalu muncul.

Peksos dalam hal ini bertugas memberikan pendampingan psikososial dan menghubungkan dengan sistem sumber, diantaranya mencari identitas anak dan merujuk anak ke panti.

Sebelum sampai ke Panti Darul Amin, si anak sudah dirujuk ke panti lain,  ada yang tidak mau menerima, juga sempat tinggal di panti lain namun dikeluarkan karena dianggap nakal dan mengganggu anak lain.

Akhirnya Panti Darul Amin bersedia menerima dan akan mempersiapkan untuk menyekolahkannya… semoga si anak bisa betah

Terima kasih Panti Darul Amin, teruslah membantu, semoga menjadi berkah dan nantinya akan muncul Panti Darul Amin yang lainnya.

Dan yang paling diharapkan.. semoga pula suatu saat nanti Pemerintah Kota Palangka Raya dapat mendirikan panti sendiri

 

 

Tinggalkan Balasan