PENDAMPINGAN ANAK TERLANTAR LINTAS INSTANSI

Selalu ada tugas mulia bagi Dinas Sosial…

Lagi-lagi beberapa hari yang lalu ditemukan seorang anak laki-laki terlantar oleh pihak Polres berumur 5 tahun. Melalui asesment dan pendekatan diketahui anak tersebut masih mempunyai orangtua  lengkap, sang ayah seorang pemulung yang bekerja keliling dari pagi hingga sore, sementara ibunya masih diduga mengalami gangguan kejiwaan setiap hari jam 4 subuh sudah keluar rumah entah kemana dan pulangnya malam hari.  Keluarga tersebut tidak memiliki tempat tinggal, mereka menempati bangunan kosong yang tidak dipergunakan di pasar. Dan ternyata keluarga tersebut  juga belum mempunyai legalitas identitas kependudukan.

Sementara ini Peksos Dinas Sosial bekerjasama lintas instansi dalam penanganan klien tersebut melibatkan pihak RT, Polres dan P2TP2A. Rencananya si anak akan dirujuk untuk pengasuhan dalam panti, namun masih terkendala dengan legalitas identitas kependudukan serta hingga saat ini belum bisa menemui ibunya untuk mendapatkan persetujuan.

Dalam beberapa hari ke depan rencananya  kerjasama lintas instansi akan kembali melakukan home  visit  lanjutan untuk mencari solusi penyelesaian keterlantaran anak.

peksos berkoordinasi dengan rt

Kembali sebuah hikmah bisa diambil dari kasus tersebut.. penanganan masalah sosial tidak bisa dilakukan sendiri, masyarakat dan pemerintah harus terlibat …kepedulian terhadap permasalahan sosial di sekeliling kita akan sangat membantu…

Tetap semangat Peksos…

Tinggalkan Balasan