PENDAMPINGAN BAGI ANAK KORBAN TINDAK KEKERASAN

Siapa sangka ternyata di Kota Palangka Raya akhir-akhir ini juga banyak terjadi kasus pelecehan seksual terhadap anak.  Hingga saat ini Peksos Dinas Sosial Kota Palangka Raya melakukan pendampingan terhadap anak korban pelecehan tersebut. Sungguh menyedihkan rasanya mendengar dan melihat anak-anak yang belum mengerti dan  tidak berdaya yang seharusnya diberikan perlindungan harus mendapatkan perlakuan yang tidak senonoh justru dari orang dekat dalam lingkungannya. 

Bisa kita bayangkan bagaimana perasaan orang tua korban melihat trauma dan penderitaan anak yang akan dia tanggung seumur hidup. Sesering apapun terapi yang dilakoni, atau seintens apapun usaha orang tua mendampingi si anak, tidak akan dapat menghilangkan trauma kekerasan tersebut

Menurut Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 telah menjelaskan definisi anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Sedangkan perlindungan anak didefinisikan sebagai segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi, secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Dalam Undang-Undang tersebut juga menjelaskan bahwa perlindungan terhadap anak-anak memiliki serangkaian tujuan, seperti untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, demi terwujudnya anak Indonesia yang berkualitas, berakhlak mulia, dan sejahtera. Negara, pemerintah, orang tua, keluarga, serta masyarakat disekitarnyalah yang memiliki kewajiban serta bertanggung jawab terhadap perlindungan anak. Mereka harus menghormati serta menjamin hak asasi setiap anak tanpa memandang suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, etnik, budaya dan bahasa, status hukum anak, urutan kelahiran anak, maupun kondisi fisik dan mental yang dimiliki sang anak.

Mari lindungi anak-anak kita …… 

 

 

Tinggalkan Balasan