PENDAMPINGAN DISTRIBUSI KARTU KELUARGA SEJAHTERA

Setelah melalui tahapan persiapan  validasi data maupun sarana prasarana penunjang, bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra) yang dibagikan setiap bulannya bagi Keluarga Penerima Manfaat, secara bertahap mulai dialihkan menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

BPNT di Kota Palangka Raya ini bekerjasama dengan BRI untuk menerbitkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)  dan buku tabungan bagi KPM yang dulunya penerima Rastra.  KKS ini  nantinya berfungsi sebagai ATM dimana uang bantuan sosial bagi  KPM akan ditransfer setiap tanggal 25 melalui KKS sebanyak Rp. 110.000 per bulannya. KPM dapat menggunakan KKS untuk membeli beras dan telur sesuai kebutuhannya  maksimal seharga Rp. 110.000, jika ada saldonya maka akan menjadi tabungan dan diakumulasikan ke bulan berikutnya. 

“Mulai hari senin tanggal 15 -17 Oktober 2018 petugas Dinas Sosial Kota Palangka Raya bersama dengan pihak BRI dan pendamping PKH mendistribusikan KKS ke kelurahan- kelurahan sekaligus sosialisasi cara penggunaan kartu, juga diundang RT, RW dan Lurah untuk memastikan bahwa yang menerimanya adalah betul warganya yang berjak menerima bantuan” ungkap H. Akhmad Fauliansyah, SH Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya.

“KKS yang telah diberikan dapat digunakan berbelanja pada e-warong maupun RPK yang telah ditunjuk dan disiapkan sebelumnya. Dengan adanya terobosan BPNT ini Pemerintah berharap bantuan sosial yang diterima dapat tepat sasaran, namun demikian kami juga berharap penerima bantuan kali ini tidak lagi menerima bantuan pada masa mendatang karena sudah mandiri” lanjutnya kembali.

Beliau juga mengingatkan bahwa bantuan diberikan untuk keluarga yang tiak mampu pada klaster terbawah yaitu betul-betul tidak bisa mencukupi kebutuhan pangannya,  bantuannya juga tidak bersifat tetap, karena secara berkala kondisi kesejahteraan KPM akan dievaluasi. Pada saat pendistribusian KPM juga diwajibkan menunjukkan dan membawa copy KTP dan KK masing-masing. 

Tinggalkan Balasan