PENDAMPINGAN ODGJ

Kejadian seperti Jum’at, 2 Maret 2018 dibawah ini seringkali ditemui petugas pelayanan jaminan sosial di Dinas Sosial Kota Palangka Raya, dimana warga yangtergolong ekonomi tidak mampu harus menjalani perawatan di rumah sakit namun tidak mempunyai biaya dan belum mempunyai Kartu Jaminan Kesehatan.

Klien peksos kali ini mempunyai anggota keluarga dengan gangguan kejiwaan yang selama ini menjalani pengobatan dan rawat jalan rutin di Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei dengan biaya mandiri karena belum menjadi peserta BPJS. Padahal  kondisi perekenomian keluarganya tergolong tidak mampu. Kemaren obat rutin yang harus diminum hampir habis,  sementara untuk kembali berobat rutin sudah tidak mempunyai uang  lagi. 

Untuk kesekian kalinya Peksos kembali membantu klien tersebut dengan memberikan pendampingan dan menghubungkan ke BPJS Kesehatan agar sebelum JKN keluar klien dapat berobat secara gratis.

Sebarkan informasi kepada orang disekitar kita untuk segera menjadi peserta JKN.

JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) adalah program Pemerintah yang bertujuan memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi seluruh rakyat Indonesia untuk dapat hidup sehat, produktif dan sejahtera. JKN dilaksanakan dengan sistem asuransi yang artinya mewajibkan kita membayar iuran wajib. 

Bagi warga miskin/tidak mampu iuran wajib akan dibayarkan Pemerintah atau yang disebut Penerima Bantuan Iuran.

Sebenarnya dengan memberikan informasi keberadaan warga yang tidak mampu disekitar kepada RT dan RW, kita sudah ikut berpartisipasi dalam pembangunan kesejahteraan sosial.

Sedia JKN sebelum sakit……

 

Tinggalkan Balasan