PENGAWASAN PENGUMPULAN SUMBANGAN

Seringkali kita temukan di ruas-ruas jalan, lembaga ataupun perkumpulan melakukan pengumpungan sumbangan untuk kegiatan sosial. Mereka itu merupakan salah satu mitra Dinas Sosial dalam penyelenggaraan pembangunan kesejahteraan sosial. Semangat  kekeluargaan dan gotong royong dalam kegiatan tersebut perlu kita apresiasi dan didukung sepenuhnya. Kegiatan seperti itu dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial disebut Pengumpulan Uang dan Barang (PUB), dan merupakan salah satu bagian dari tugas Dinas Sosial untuk memberikan rekomendasi izin nya dan pengawasan pelaksanaannya. Dan demi kepentingan masyarakat hal ini sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 9 Tahun 1961 tentang Pengumpulan Uang atau Barang yng diturunkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1980 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan.

Dana yang terkumpul dalam kegiatan ini biasanya digunakan untuk membantu warga yang kesusahan, seperti halnya yang dilakukan oleh anak-anak muda ini  perempatan lampu merah Jl. G.Obos-Jl. MH. Thamrin-Jl. Willem AS. Mereka melakukan pengumpulan dana untuk membantu warga belakang Tugu Soekarno di Palangka Raya yang baru-baru ini mendapatkan musibah kebakaran.  Kegiatan yang mereka lakukan telah mendapatkan rekomendasi izin dari Dinas Sosial, yang kemudian sesuai prosedur akan melakukan monitoring, pengawasan pelaksanaan dan evaluasi terhadap penyaluran bantuan.

Pengawasan yang dilakukan menyangkut kesesuaian antara proposal izin dengan pelaksanaan di lapangan, seperti tempat, tanggal dan tujuan pengumpulan. Kemudian evaluasi dilakukan terhadap ketepatan penyaluran dana yang terkumpul melalui laporan yang disampaikan, sebagai bentuk pertanggungjawaban dan transparansi.

 

,

Tinggalkan Balasan