PENYALURAN BANTUAN BST SPESIFIK KEPADA ANAK-ANAK SLB NEGERI I DAN II

Bantuan Sosial bagi Masyarakat (Lanjut Usia, Anak, dan Penyandang Disabilitas) Terdampak Bencana Non Alam Pandemi Covid 19 atau lebih dikenal dengan Bantuan Sosial Tunai (BST) Spesifik bagi Anak, Lansia, dan Penyandang Disabilitas saat ini sedang dalam tahap penyaluran. Sebagai wujud perhatian pemerintah dalam menanggulangi Bencana Non Alam Pandemi Covid 19, pemerintah tetap memperhatikan aksesibilitas masyarakat untuk mengambil bantuan. Untuk itu, petugas Dinas Sosial dan Bank Kalteng memutuskan untuk menyalurkan bantuan tahap I dan II kepada penerima bantuan yang merupakan Anak dengan Kedisabilitasan yang bersekolah di SLB Negeri I dan SLB Negeri II.

Petugas penyalur yang terdiri dari Dinas Sosial Kota Palangka Raya dan Bank Kalteng membagi team sehingga penyaluran dapat dilaksanakan di 2 (dua) tempat yaitu SLB Negeri I dan SLB Negeri II pada waktu yang sama. “Sebelum jadwal penyaluran, kami telah berkoordinasi dengan guru-guru di SLB Negeri I dan II agar mempersiapkan formulir yang telah diisi dan mengumpulkan kartu keluarga atau KTP orang tua/wali apabila pengambilan bantuan di wakilkan.” ujar Adindha selaku pekerja sosial yang menyatakan bahwa penyaluran di SLB harus dilaksanakan dalam waktu yang singkat dikarenakan kondisi anak-anak berkebutuhan khusus yang sangat rentan akan tantrum dan kebosananan.

Pada kesempatan ini, Petugas Dinas Sosial Kota Palangka Raya mengalami beberapa tantangan. Sesuai dengan prediksi, terdapat beberapa anak yang mengalami tantrum sehingga pekerja sosial bersama orang tua melakukan pendekatan agar penerima bantuan yang merupakan anak berkebutuhan khusus.

Penerima bantuan yang merupakan anak yang bersekolah di SLB Negeri 1 sebanyak 53 (lima puluh tiga) orang, SLB Negeri 2 sebanyak 53 (lima puluh tiga) orang. Namun dari jumlah tersebut ada beberapa penerima bantuan yang tidak hadir dikarenakan beberapa alasan. Untuk itu, guru-guru akan menghubungi orang tua yang tidak hadir dan meminta konfirmasi. Petugas Dinas Sosial bersama Tim Bank Kalteng dalam proses penyaluran bantuan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Bantuan yang disalurkan sebesar Rp. 500.000,- selama 3 (tiga) tahap. Dalam penyaluran ini, penerima bantuan mendapatkan bantuan sebanyak 2 (dua) tahap sehingga tahap 3 akan disalurkan pada Bulan November. “Kami harapkan agar bantuan yang diberikan oleh pemerintah dapat bermanfaat khususnya untuk memenuhi kebutuhan anak-anak. Tetap semangat dan semoga pandemi segera berakhir.” tutup Kory Permata selaku Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial”  pada penyaluran bantuan di SLB Negeri II.

Author : Adindha Khairunnisa

Tinggalkan Balasan