PENYALURAN BST SPESIFIK DI KECAMATAN PAHANDUT

Pandemi Covid 19 yang melanda masyarakat di seluruh dunia khususnya berlangsung di Indonesia memiliki dampak dalam berbagai aspek. Tidak hanya pada dampak kesehatan, pandemi Covid 19 ini juga berdampak pada aspek ekonomi dan sosial. Pemerintah terus berupaya mengatasi dampak Bencana Non Alam Pandemi Covid 19salah satunya dengan Bantuan Sosial bagi Masyarakat (Lanjut Usia, Anak, dan Penyandang Disabilitas) Terdampak Bencana Non Alam Pandemi Covid 19 atau lebih dikenal dengan Bantuan Sosial Tunai (BST) Spesifik bagi Anak, Lansia, dan Penyandang Disabilitas.

Dalam rangka memudahkan masyarakat untuk mengakses tempat penyaluran bantuan, Petugas Dinas Sosial dan Tim Bank Kalteng mengadakan lokasi penyaluran bantuan di Aula Kecamatan Pahandut. Sebelumnya, Petugas Dinas Sosial telah berkoordinasi dengan Camat Pahandut agar mengizinkan kegiatan penyaluran dilaksanakan di Kantor Kecamatan Pahandut. “Kami selalu mendukung setiap kegiatan yang bertujuan baik bagi warga Kecamatan Pahandut.” ujar Hj. Naimah selaku Camat Pahandut kepada tim Dinas Sosial.

Bantuansosial yang disalurkan berupa uang sebesar @Rp.500.000 untuk 2 tahap dengan jumlah penerima bantuan anak sebanyak 24 (dua puluh empat), lansia 14 (empat belas) orang, dan penyandang disabilitas sebanyak 53 (lima puluh tiga) orang  yang merupakan warga Kelurahan Langkai, Pahandut, dan Panarung.

Kegiatan ini dihadiri oleh Nyta Bianyta Rezza selaku Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya. Tidak hanya menyerahkan bantuan sosial di Kecamatan Pahandut, Kepala Dinas Sosial juga turut mendampingi penyaluran secara door to door kepada lansia a.n. Sukati di Kelurahan Panarung dan penyandang disabilitas a.n. Muhammad Ryan di Kelurahan Pahandut.

Dengan jumlah penerima bantuan yang disalurkan yang cukup banyak dari biasanya, menjadi tantangan tersendiri bagi petugas penyalur yang merupakan Petugas Dinas Sosial Kota Palangka Raya dan Bank Kalteng. Kegiatan berlangsung lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Bantuan yang disalurkan sebesar Rp. 500.000,- selama 3 (tiga) tahap. Dalam penyaluran ini, penerima bantuan mendapatkan bantuan sebanyak 2 (dua) tahap sehingga tahap 3 akan disalurkan pada Bulan November. Semoga bantuan yang disalurkan dapat mengurangi sedikit beban dari masyarakat Kota Palangka Raya khususnya bagi warga yang mengalami kerentanan sosial.

Author : Adindha Khairunnisa

Tinggalkan Balasan