PERLUASAN PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI, MENJAWAB KERESAHAN WARGA

Masyarakat menunggu untuk mengambil kartu kesejahteraan sosial (KKS)

Palangka Raya, Senin (31/8/2020) Dinas Sosial Kota Palangka Raya melalui Bidang Penanganan Fakir Miskin turut melakukan  pendampingan pada kegiatan penyaluran Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang merupakan perluasan program Bantuan Pangan Non Tunai Kementrian Sosial RI atau yang sering disebut dengan program sembako, penyaluran kartu pertama kali di laksanakan di Kelurahan Tangkiling. Bantuan ini sebagai salah satu bentuk komitmen Pemerintah Pusat dalam membantu masyarakatnya yang terdampak covid-19, “ bantuan ini merupakan lanjutan dari program BST Kementrian Sosial RI tahap 1, sasarannya merupakan warga terdampak covid-19 yang sebelumnya terdaftar sebagai penerima BST namun dialihkan ke perluasan program sembako ini” ujar Kabid Penanganan Fakir Miskin. “sasaran perluasan program sembako adalah Keluarga yang termasuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dan belum pernah masuk dalam program sembako dan program PKH”. tambahnya.

Jumlah penerima perluasan KKS di Kelurahan Tangkiling sebanyak 80 Kepala Keluarga, Penyaluran dihadiri oleh petugas BRI, Lurah Tangkiling, dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Bukit Batu. Besaran uang yang diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat Program sembako yaitu sebanyak Rp.200.000,- per bulannya dan akan diterima sampai bulan desember 2020.  Pada waktu yang sama Petugas Dinas Sosial Kota juga menghimbau agar masyarakat  yang sebelumnya menerima BST Tahap I akan tetapi tidak masuk dalam data penerima BST Tahap 2, untuk tidak panik dan resah karena sebenarnya data hanya dialihkan sebagai penerima program bantuan sembako “masyarakat yang tidak mendapatkan BST di tahap 2, bukan di hilangkan apalagi di delete oleh kelurahan dan Dinas Sosial. tetapi di alihkan ke program sembako senilai 200 ribu per bulan” jelas Rima Fitriani selaku kasi bantuan stimulant dan penataan lingkungan saat memberikan himbauan pada masyarakat. Selanjutnya

Selanjutnya, masyarakat diminta untuk bersabar menunggu jadwal penyaluran kartu disetiap kelurahan   “karena proses pengalihan sepenuhnya wewenang pusat. Data penerimaan di konfirmasi kemasing-masing kelurahan sebelum di salurkan sesuai jadwal yang telah ditentukan ” Ujar Sahilan selaku Koordinator teknis program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kota palangka Raya.

2 comments

  1. Klo misal kan mau meusul kartu kks bisa lah soalx udah 2 tahun kemaren d cek ga keluar juga kartux

    • Dinas Sosial Kota Palangka Raya

      Terima kasih sudah berkunjung ke website kami
      Sebelumnya berdasarkan catatan kami Bapak/Ibu sudah pernah menyampaikan laporan yang sama ke Dinsos pada tanggal 28 Pebruari 2020 yang lalu, saat itu ditindaklanjuti petugas dengan mengecek data Bapak/ibu pada SIKS NG, dan ternyata terdaftar dalam DTKS namun datanya kurang lengkap karena ada penambahan anggota keluarga. Pihak dinsos sudah melengkapi data berdasarkan berkas yang dibawa, dan sudah diusulkan data perbaikan saat portal pengusulan dibuka periode Agustus 2020 ke Kementerian Sosial, tetapi hasil verifikasi dan finalisasi dari Kementerian belum keluar.
      Demikian yang dapat kami jelaskan.

Tinggalkan Balasan