REUNIFIKASI COTA

Mengadopsi anak diperbolehkan negara. Namun, untuk bisa mengangkat seorang anak atau mengadopsi, calon orangtua diharuskan mengikuti proses dan prosedur yang telah ditetapkan pemerintah. Hal itu sebagai perlindungan dan hak anak di masa datang, sehingga  tidak ada masalah di kemudian hari. 

Proses adopsi anak cukup panjang, dan  Dinas Sosial mempunyai kewenangan  dalam setiap tahapan prosesnya mulai dari permohonan, asesmen calon orang tua angkat, home visit, kelengkapan administrasi hingga rekomendasi sampai ke pengadilan. Semuanya mengacu kepada  Undang undang  no 35 tahun 2014 tentang Perlindungan anak yang diperkuat oleh Peraturan Pemerintah no 54 tahun 2007 tentang Pengangkatan Anak, serta Permensos no 110 tahun 2009 tentang Persyaratan Pengangkatan Anak

Seperti halnya yang sejak beberapa waktu lalu seorang warga berkeinginan menjadi orang tua angkat dari anak yang berlatar belakang dari keluarga yang kurang harmonis, dimana ibunya merupakan korban kekerasan rumah tangga dan sang anak di bawa pergi oleh ayahnya.

Cota sendiri masih mempunyai hubungan keluarga dengan si anak, dan yang uniknya merupakan cota tunggal. Walaupun demikian demi kepentingan terbaik si anak maka proses harus tetap diikuti sesuai aturan. 

Dengan difasilitasi Dinas Sosial Kota Palangka Raya, kemaren cota, si anak dan keluarga intinya dipertemukan atau yang dalam istilah disebut reunifikasi. Tujuannya adalah agar antara cota, si anak dan orang tua anak dapat berkomunikasi untuk membicarakan kepentingan anak kelak.

Proses selanjutnya memberikan rekomendasi kepada Tim Pertimbangan Pengangkatan Anak yang terdiri Dari Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Pengadilan serta Lembaga Perlindungan Anak.

Dibutuhkan kesabaran karena proses berikutnya masih panjang…. 

 

Tinggalkan Balasan