KARTU INDONESIA SEHAT UNTUK KELUARGA TIDAK MAMPU

Pelayanan Jaminan Sosial Keluarga di Dinas Sosial Kota Palangka Raya setiap harinya tidak pernah sepi dari klien/masyarakat yang berurusan yang katanya berasal dari keluarga tidak mampu. Masyarakat yang datang biasanya membawa berbagai macam keluhan permasalahan hidupnya. Petugaspun harus selalu siap sedia mendengarkan curahan hati mereka. Ada yang datang dengan keluhan belum punya pekerjaan, bermasalah dengan keluarga, lansia, penyandang disabilitas, anak terlantar, anak tidak mampu sekolah, minta bantuan, dan lain-lain. Dan yang paling dominan diantara semua permasalahan adalah keinginan masyarakat untuk mendapatkan kartu jaminan kesehatan atau KIS yang dibiayai oleh Pemerintah, atau dalam istilah disebut Penerima Bantuan Iuran (PBI).   

Masyarakat datang ke Dinas Sosial ini biasanya karena ada anggota keluarganya yang sedang opname di rumah sakit sedangkan mereka tidak mempunyai KIS atau sudah mempunyai KIS yang dibayar secara mandiri tapi terdapat tunggakan dalam jumlah yang besar.

Dalam hal tidak mempunyai KIS  Dinas Sosial Kota Palangka Raya dapat membantu dengan memberikan rekomendasi untuk mendapatkan jaminan sosial kesehatan PBI berdasarkan surat keterangan tidak mampu yang diterbitkan oleh pihak kelurahan dilampiri KTP dan Kartu keluarga. Sedangkan jika mereka mempunyai tunggakan, sesuai aturan BPJS Kesehatan tetap harus dilunasi lebih dahulu, dan ini yang menjadi permasalahan.

Padahal Dinas Sosial Kota Palangka Raya bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Kota Palangka Raya seringkali mensosialisasikan kepada masyarakat dan tokoh tokoh masyarakat disetiap kesempatan untuk mengurus kepesertaannya jauh sebelum sakit.  

Ini sebagian dari keseharian pelayanan Dinas Sosial Kota Palangka Raya

Tinggalkan Balasan