SERING MELEMPAR DAN MERUSAK BARANG DIRUMAH, KELUARGA MULAI RESAH

Palangka Raya, Selasa (23/02/2021) Petugas Dinas Sosial mendapat laporan dari masyarakat bahwa terdapat penyandang disabilitas mental yang membuat resah keluarga maupun tetangga karena sejak lima hari terakhir menunjukkan perilaku agresif seperti merusak dan melempar benda yang ada di rumahnya. Petugas Dinas Sosial melakukan koordinasi dengan pekerja sosial serta pihak terkait yaitu petugas puskesmas marina pemegang program jiwa, petugas kelurahan langkai, kepolisian dan satpol pp untuk melakukan home visit ke lokasi yang dilaporkan. “ petugas dari puskesmas sudah menuju ke lokasi dan kami juga akan menuju ke sana untuk memastikan kondisi PM, karena dilihat dari foto yang dikirim pelapor kondisi PM masih dalam keadaan tidak mengenakan pakaian apapun “ ujar Ekha Raya E Dohong selaku Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Anak dan Lanjut Usia yang menerima laporan tersebut.

VR (18 th) yang merupakan anak perempuan Penyandang Disabilitas Mental tinggal bersama nenek dan adik kandungnya disalah satu barak yang berada di Kelurahan Langkai. SN yang merupakan adik kandung VR mengungkapkan bahwa VR tidak segan berbuat kasar ke neneknya dan melempar barang jika merasa kesal. “ nenek sempat ditendang dan didorongnya, sebelumnya tidak pernah begitu cuman 5 hari terakhir ini aja yang kaya gitu “ ungkapnya. “saya mau VR dibawa lagi ke rumah sakit karena saya takut, saya juga tidak bisa tidur takut nanti diapa-apain” tambah neneknya VR.

Pekerja sosial bersama pendamping disabilitas dan petugas puskesmas membujuk VR untuk mengenakan pakaian “ ayo kita pasang dulu bajunya yaa, nanti kita ngobrol lagi terus jalan- jalan tapi dipakai dulu ya bajunya “ bujuk Adindha Pekerja sosial yang ikut dalam home visit. Selanjutnya, VR di bawa dengan ambulans milik puskemas untuk mendapatkan rehabilitasi medis di Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei.

Tinggalkan Balasan