SHARING SLRT, PEMKAB TANAH BUMBU KUNJUNGI DINSOS PALANGKA RAYA

Palangka Raya, Rabu, 26/1/2022, Dinas Sosial Kota Palangka Raya menerima  kunjungan Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati H. Muhammad Rusli, S.Sos. Kedatangan rombongan disambut oleh Sekretaris Dinas Hj. Naimah, S.P., M.Si beserta tim SLRT bertempat diaula Dinas Sosial Kota Palangka Raya. Dalam pertemuan, Wakil Bupati memperkenalkan satu per satu anggota rombongannya serta mengungkapkan tujuan kunjungan adalah ingin menggali informasi tentang keberadaan SLRT Kota Palangka Raya yang sudah lebih dahulu dijalankan. Sementara itu Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu Ir. Ferry Hariyanto, ST juga berharap koordinasi ini tidak hanya terbatas untuk SLRT tetapi juga dalam koordinasi pelayanan sosial lainnya,  pemulangan orang terlantar misalnya.

Hj. Naimah mewakili Kepala Dinas Sosial dalam sambutannya menerangkan SLRT merupakan wadah atau sistem yang memberikan kemudahan bagi warga tidak mampu untuk mengakses layanan dasar yang dibutuhkan. Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Nesiwati, S.E., M.AP menjelaskan pula bahwa sejak Nopember 2019 hingga Desember 2021, SLRT Kota Palangka Raya mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial RI, namun tahun 2022 Kementerian Sosial RI sudah menyerahkan sepenuhnya keberlanjutan SLRT kepada Dinas Sosial. “ Sudah terbentuk 6 Puskesos sebagai unit SLRT, 4 diantaranya puskesos bentukan mandiri oleh Kelurahan, dan kita sedang berupaya mendorong kelurahan lainnya untuk membentuk puskesosnya masing-masing. Saat ini pun kita sedang dalam proses koordinasi untuk MoU pelayanan terpadu dengan Dinas terkait, karena ada banyak warga tidak mampu yang dalam kondisi darurat merasa sangat terbantu dengan adanya SLRT” ujarnya. Menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Dinsos Tanah Bumbu pelaksanaan SLRT secara teknis dipaparkan oleh Zul’arafah Rovieq, S.P., M.Si selaku supervisor SLRT, turut pula sharing pengalaman dari PSM dan TKSK yang hadir.

“Kami sangat berterima kasih atas sambutan yang diberikan. Paparan secara langsung ini sangat bermanfaat membuka wawasan kami dan dapat kami jadikan referensi kebijakan yang akan kami ambil dalam pelaksanaan SLRT yang baru berjalan di kabupaten Tanah Bumbu” ujar H. M. Rusli diakhir pertemuan. Acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*