SOSIALISASI KEPESERTAAN BPJS KESEHATAN PENERIMA BANTUAN IURAN APBD KOTA PALANGKA RAYA

Dalam Peraturan Presiden No. 111 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan seluruh warga negara Indonesia wajib mejadi peserta jaminan kesehatan, dan dalam Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2012 tentang Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan, Pemerintah wajib mengikutsertakan warga yang tergolong tidak mampu  dalam program tersebut dengan iuran yang dibayarkan oleh Pemerintah baik melalui program APBN, APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten/Kota.
Namun hal tersebut belum sepenuhnya diketahui oleh masyarakat, sehingga seringkali Dinas Sosial Kota Palangka Raya didatangi oleh warga yang tidak mampu dalam keadaan sakit belum mempunyai kartu dimaksud. Dinas Sosial Kota Palangka Raya bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sudah seringkali mensosialisasikan program tersebut dalam setiap kesempatan. 
Dan kemaren hari Rabu tanggal 11 Oktober 2017 kembali dilaksanakan sosialisasi yang bertempat di aula Kantor Kecamatan Pahandut dengan mengundang seluruh Ketua RT dan Tokoh Masyarakat di wilayah Kecamatan Pahandut.
Dalam sosialisasi tersebut disampaikan bahwa warga dengan identitas penduduk Kota Palangka Raya dengan kategori fakir miskin dapat diberikan bantuan jaminan sosial kesehatan melalui program Penerima Bantuan Iuran (PBI) Kesehatan APBD Kota Palangka Raya,  dengan melengkapi persyaratan berupa fotocopy KTP, Kartu Keluarga serta Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT/RW yang dikeltahui oleh Lurah setempat.
Disampaikan pula agar Ketua RT bisa berperan aktif untuk membantu warganya yang tidak mampu, jangan sampai menunggu sakit baru mengurus jaminan.
 
 

Tinggalkan Balasan