SOSIALISASI PENDAMPINGAN KUBE DAN BIMTEK PENDAMPING KUBE

IMG-20160719-WA0014Kelompok Usaha Bersama (KUBE) adalah salah satu pendekatan dalam rangka pemberdayaan masyarakat guna menanggulangi kemiskinan yang dilakukan oleh Kementerian Sosial. Kegiatan pemberdayaan ini meliputi pemberian bantuan stimulan untuk kegiatan Usaha Ekonomi Produktif (UEP), pendampingan dalam merintis dan mengembangan usaha serta peningkatan keterampilan teknis anggota.

Pendamping sangat diperlukan dalam mengawal pelaksanaan KUBE demi tujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin khususnya peserta KUBE, sehingga para Pendamping harus benar-benar memahami tugas dan fungsinya dalam menjalankan tugas pendampingan.

DSC06455Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Palangka Raya melaksanakan kegiatan sosialisasi  tentang pendampingan KUBE dan Bimbingan Teknis kepada Pendamping KUBE yang bertempat di aula Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Palangka Raya pada tanggal 13 Juli 2016.

Sosialisasi disampaikan dengan tujuan agar semua pihak berwenang yang terlibat dapat mengetahui, memahami dan mendukung tugas pendamping dalam mendampingi KUBE FM agar berhasil sebagai upaya pengentasan kemiskinan. Sedangkan Bimbingan teknis bagi Pendamping KUBE dilaksanakan agar Pendamping memahami tugas dan fungsinya dengan baik dan benar. Dengan adanya bimtek pendamping KUBE ini, diharapkan kelompok usaha bersama dari tahun ke tahun terus berkembang dan benar-benar dimanfaatkan. Baik itu dari perkembangan produksi, perkembangan peningkatan penghasilan serta peningkatan mitra usaha. Sehingga dana yang disalurkan dari pemerintah untuk kelompok usaha masyarakat benar-benar dapat berguna secara efektif dan bermanfaat

Narasumber  kegiatan ini sebanyak 2 (dua) orang berasal dari Kementerian Sosial Republik Indonesia dan dari  Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah. Adapun peserta yang diundang terdiri atas Pendamping KUBE Kelurahan, Pendamping KUBE Kecamatan, pihak Kecamatan dan Kelurahan di Kota Palangka Raya, serta Perwakilan anggota KUBE di Kota Palangka Raya.

Tinggalkan Balasan