SOSIALISASI PENGUMPULAN UANG ATAU BARANG

img_2349Masyarakat seringkali mengadakan kegiatan pengumpulan uang atau barang dengan tujuan untuk disumbangkan. Dalam hal ini Pemerintah memberikan ruang yang luas bagi masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam  tujuan tersebut. Namun untuk tertibnya  pelaksanaan  kegiatan dimaksud ada beberapa peraturan yang  telah diberlakukan.

Agar masyarakat Kota Palangka Raya mengetahui tatacara pelaksanaan kegiatan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan maka Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Palangka Raya mengadakan sosialisasi pengumpulan uang dan barang dengan maksud supaya tercipta komunikasi dan koordinasi yang baik antara penyelenggara  pengumpulan uang/barang dengan Pemerintah Kota Palangka Raya .

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2016 yang lalu bertempat di aula kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Palangka Raya dengan narasumber dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota palangka Raya dan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, dan peserta yang hadir berasal dari Pengurus rumah ibadah, yayasan, dan lembaga-lembaga yang biasa menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Dalam sambutan pada acara pembukaan Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja H. Akhmad Fauliansyah, SH menyampaikan bahwa pada dasarnya Pemerintah menyambut baik segala usaha masyarakat untuk berpartisipasi  peduli terhadap sesama yang diwujudkan dengan pengumpulan uang/barang untuk disumbangkan, dan bahkan hal tersebut perlu dilestarikan dan dikembangkan  untuk menanggulangi masalah sosial.

Namun karena pengumpulan uang/barang sifatnya menyangkut sumbangan orang banyak maka hal tersebut diatur Pemerintah melalui peraturan dan perundang-undangan yang berlaku  sejak dari perencanaan pelaksanaan hingga pelaporan agar tertib dan  dapat dipertanggungjawabkan dengan transparan. Selain itu Kepala Dinas juga menghimbau agar masyarakat tidak melayani dan tidak memberikan sumbangan  kepada penyelenggara yang tidak memiliki izin dari pejabat yang berwenang. 

Tinggalkan Balasan