SOSIALISASI PROSES IZIN PENGUMPULAN UANG DAN BARANG

Dinas Sosial Kota Palangka Raya kembali melaksanakan sosialisasi proses perizinan pengumpulan uang atau barang bertempat di Aula Kecamatan Pahandut, kemaren Selasa 10 Juli 2018. Kegiatan sosialisasi ditujukan kepada pengurus lembaga atau organisasi yang melakukan kegiatan pengumpulan uang atau barang untuk pembangunan dari masyarakat dalam bidang kesejahteraan sosial, mental, agama/kerohanian, kejasmanian, pendidikan dan kebudayaan untuk kembali disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dalam sambutannya pada saat pembukaan kegiatan, Kepala Dinas H. Akhmad Fauliansyah mengatakan bahwa kegiatan PUB di masyarakat lebih dikenal dengan  pengumpulan sumbangan. Namun dalam pelaksanaan pengumpulan sumbangan telah diatur ketentuannya sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1961 tentang Pengumpulan Uang dan Barang, Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1980 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan, Keputusan Menteri Sosial RI Nomor 01 / HUK / 1995 tentang Pengumpulan Sumbangan untuk Korban Bencana,  Keputusan Menteri Sosial RI Nomor 56 / HUK / 1996 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan oleh Masyarakat.

Yang perlu diketahui oleh lembaga/organisasi bahwa pengumpulan sumbangan hanya dapat diselenggarakan oleh suatu organisasi atau oleh kepanitiaan yang memenuhi persyaratan dan telah mendapat izin terlebih dahulu dar ipejabat yg berwenang. Setiap aktivitas PUB harus diketahui dan mendapatkan surat pengantar dari Dinas Sosial Kota Palangka Raya yang selanjutnya akan diteruskan ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu untuk diterbitkan surat izinnya.

Kegiatan Sosialisasi PUB ini bertujuan untuk memberikan pemahaman proses dan mekanisme pengajuan izin PUB agar  penyelenggara PUB lebih bertanggungjawab dalam pelaksanaan kegiatanya selain itu juga memberikan jaminan perlindungan kepada masyarakat agar tidak menjadi korban penipuan yang berkedok PUB. 

PUB sendiri bertujuan menghimpun uang atau barang dari masyarakat untuk kegiatan kesejahteraan sosial dan menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan yang transparan, akuntabel, tertib administrasi dan tidak  bertentangan dgn peraturan perundang-undangan yg berlaku.

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh 30 orang peserta  Pengurus Lembaga atau Organisasi dan ASN Kecamatan Pahandut, dengan narasumber H. AKHMAD FAULIANSYAH (Dinas Sosial Kota P.Raya), JAYA WARDANA, S.Sos (Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah), Ir. RINA DIAH ARISYANTI (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota P.Raya), dan DORTAN MARPAUNG, SH (Satpol PP Kota Palangka Raya)

 

Tinggalkan Balasan