TERIMA KUNKER DPRD HULU SUNGAI TENGAH, DINSOS PAPARKAN PENGUATAN KUBE DAN SLRT

Dinas Sosial Kota Palangka Raya pada Kamis (24/9/2020) menerima kunjungan kerja dari DPRD Kabupaten Hulu Sungai Tengah, rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD H. Rachmadi disambut  Plt. Sekretaris Dinas di aula Dinas Sosial Kota Palangka Raya. Kedatangan rombongan ini bertujuan ingin mencari informasi dan menyamakan persepsi dalam penanganan pemberian bantuan sosial terdampak covid-19.

Dalam paparannya mewakili Kepala Dinas, Dra. Kory Permata  menerangkan bahwa Dinas Sosial Kota Palangka Raya pada masa pandemi covid-19 ini menyalurkan bantuan sosial yang berasal dari Kementerian Sosial Republik Indonesia berupa program Bantuan Sosial Tunai, BPNT, dan PKH, serta Bantuan Sosial Tunai dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. “Saat ini kami sedang menyalurkan beras untuk keluarga penerima manfaat PKH, dan bantuan sosial tunai tahap kedua dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berupa paket sembako. Dalam pelaksanaannya kami berkoordinasi secara intensif dengan pihak RT melalui Kelurahan juga sangat terbantu dengan adanya fasilitator Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT)yang berada disetiap kelurahan” ujarnya. Lebih lanjut dijelaskannya SLRT Kota Palangka Raya mulai dibentuk pada akhir 2019 yang lalu dengan dua pusat kesejahteraan sosial (Puskesos) berada di Kelurahan Kalampangan dan Pahandut yang merupakan daerah padat penduduk untuk memudahkan penjangkauan.  Sedangkan untuk program pemulihan ekonomi akibat covid-19, Dinas Sosial Kota Palangka Raya fokus pada pembinaan Kube fakir miskin yang sudah berjalan,  fasilitasi pembentukan kube fakir miskin yang baru, serta pengusulan bantuan modal untuk kube ke Kementerian Sosial RI dan APBD Kota Palangka Raya. Program Kube dinilai berhasil karena berbasis kearifan budaya lokal sehingga lebih tangguh dibandingkan dengan usaha kelas menengah ke atas.

 “Kami sangat berterima kasih atas sambutan dan penerimaan terhadap kunjungan kami ini. Dari paparan tadi kami melihat ada kemiripan dalam kendala yang dihadapi, tetapi kami terkesan dan terinspirasi atas cara dan program penanganan dampak covid19 di Palangka Raya” ungkap Ketua DPRD H. Rachmadi.  Sementara itu Ketua Komisi I H. Nasruddin yang juga turut dalam pertemuan menyatakan ketertarikannya untuk mengadopsi program SLRT dan KUBE.

Pertemuan diakhiri dengan pemberian cinderamata masing-masing serta kesepakatan akan saling bertukar informasi dan pengalaman dilain hari untuk membuka wawasan sehingga program penanganan bantuan sosial menjadi lebih baik.(dinsos)

Tinggalkan Balasan