TERIMA KUNKER KOMISI IV DPRD KABUPATEN BANJAR, DISKUSIKAN PENGENTASAN KEMISKINAN

Rombongan Komisi IV DPRD Kabupaten Banjar sebanyak kurang lebih 20 orang diterima oleh Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya beserta jajarannya Senin 21 September 2020 di ruang kerjanya. Kedatangan mereka ke Dinas Sosial Kota Palangka Raya bertujuan mencari referensi tentang langkah langkah penanggulangan  kemiskinan, pengawasan serta penganggaran dalam sistem verifikasi data terpadu.

Menyambut kedatangan rombongan, Nyta Bianyta Rezza memaparkan bahwa pengentasan kemiskinan pasti menjadi prioritas setiap daerah, apalagi disaat pandemi covid19 yang menyebabkan tingkat kesejahteraan menurun dan menimbulkan rumah tangga miskin yang baru. Dinas Sosial Kota Palangka Raya dalam upaya penanganan kemiskinan fokus mensinergikan empat bidang menyasar Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). “Penguatan dan pembinaan potensi sumber kesejahteraan sosial  seperti  Tagana, Pendamping PKH, SLRT, TKSK serta koordinasi dengan lintas jejaring kerja menjadi strategi kami saat ini karena anggaran yang terbatas sementara pelayanan tetap harus jalan” ungkapnya. Lebih lanjut dijelaskannya bahwa dalam pengusulan penerima dan penyaluran bantuan sosial Dinas Sosial Kota Palangka Raya selalu berkoordinasi dengan pihak RT melalui Kelurahan agar tepat sasaran. Prioritas tahun 2021 difokuskan kepada verifikasi dan validasi DTKS secara menyeluruh untuk ketersediaan data yang update, penguatan layanan rumah singgah, SLRT, dan logistik kebencanaan yang saling bersinergi.

Dalam sesi diskusi peserta menggali informasi tentang anggaran Dinas Sosial, penyediaan sharing dana untuk PKH, kemudian juga pendanaan untuk mitra kerja seperti pendamping disabilitas, Tagana, SLRT, serta perda tentang penanganan kemiskinan. Menjawab hal tersebut, Nyta mengatakan bahwa sharing dana untuk kegiatan PKH memang disediakan untuk kegiatan monitoring dan pendampingan, sedangkan dana untuk mitra kerja selama ini lebih banyak berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi untuk pemenuhan peningkatan kualitas mereka, namun mereka tetap dilibatkan dalam setiap kegiatan sesuai kapasitas mereka. Sementara untuk perda kemiskinan hingga saat ini belum ada.

Ahmad Sarwani Ketua Komisi 4 DPRD Kabupaten Banjar sekaligus ketua rombongan mengucapkan terima kasih atas penerimaan  kunjungan dan paparan yang disampaikan.”Kami sangat berterima kasih atas sambutan yang diberikan. Kebijakan yang dijalankan Dinas Sosial Kota Palangka Raya ini nantinya dapat kami jadikan perbandingan dan referensi di daerah kami dalam program penanganan kemiskinan” ungkapnya mengakhiri pertemuan. Acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak.

Tinggalkan Balasan